About Me

Foto saya
masih berstatus mahasiswa di perguruan tenggi negeri kependidikan di jogja, dan sedang repot tidak mendapatkan inspirasi yang ingin di posting..hehehew

Senin, 04 Mei 2009

SUMBER BELAJAR (SB)

Pengertian Sumber Belajar

Sumber belajar identik dengan buku dalam arti sempit, dalam arti luas Edgar Dale menyatakan pengalaman hidup seseorang yang bisa menjadi sumber. Sumber belajar merupakan bagian komponen sistem instruksional apabila sengaja dipersiapkan. Berdasar pengembangan sumber belajar digolongkan menjadi dua (meski kadang sulit dibedakan):

· Sumber belajar yang dirancang (by design); sengaja dirancang untuk tujuan tertentu. Contoh: program video, kaset, modul, web pembelajaran dan sebagainya

· Sumber belajar yang dimanfaatkan (by utilization); sumber belajar yang tidak dirancang khusus dan hanya dimanfaatkan. Contoh memanfaatkan sawah dalam pokok bahasan ekosistem,


Manfaat Sumber Belajar (antara lain):

1. Memberi pengalaman belajar kongkrit dan langsung

2. Menyajikan obyek yang sulit dikunjungi/amati

3. Memperluas cakrawala

4. Memberi informasi akurat dan baru

5. membantu memecahkan masalah pendidikan

6. Memberi motivasi

7. Merangsang berpikir, analisa, dan perkembangan lanjut


Komponen Sumber Belajar

Sumber belajar dapat dipandang sebagai sistem yang bisa optimal difungsikan , meliputi: (1). Tujuan, misi atau fungsi SB, (2). Bentuk, format atau keadaan fisik, (3). Kandungan pesan SB, (4). Tingkat kesulitan penggunaan SB.


Faktor-faktor berpengaruh terhadap SB

(1). Perkembangan teknologi (misal: konvergensi format sumber belajar bisa disatukan) , (2). Nilai budaya setempat, (3). Keadaan ekonomi, (4). Keadaan pemakai


Klasifikasi Sumber Belajar

Sumber belajar bai yang dirancang dan dimanfaatkan pada dasarnya bisa dikelompokkan meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik dan lingkungan (POBATEL).


Rasional pentingnya Organisasi Sumber Belajar (OSB)

Semakin banyak sumber belajar relavan dimanfaatkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Interaksi yang intensif dan kaya dapat menimbulkan daya rangsang yang dapat mengaktifkan multi indera si belajar. Sumber belajar dapat menemukan nilai potensialnya apabila dipersiapkan khusus melalui strategi pengelolaan yang efektif, efisien, dan terorganisir.

Upaya mengorganisir sumber belajar memunculkan beragam bentuk organisasi sumber belajar seperti Media Center, Learning Resources Center, Multi Media Center, Audio Visual Center, Instructional Media Center dan sebagainya. Di Indonesia dikenal Pusat Sumber Belajar.

Tidak ada komentar: